Kamis, 19 November 2009

Teleakses Sistem Informasi Alumni Berbasis Sms Pada STMIK Handayani Makassar


ABSTRAK

Hery Suhernandi S.Kom: Teleakses Sistem Informasi Alumni Berbasis Sms Pada STMIK Handayani Makassar,

Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah alumni mendapatkan dan memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui sms, memanfaatkan kabel data port (port serial COM) sebagai interface antara PC dan HP, dan mendesain program aplikasi SMS untuk menginput, mengedit ataupun menanyakan informasi lowongan pekerjaan,  maka dirancang suatu layanan informasi bagi alumni untuk memudahkan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.
Dengan sistem layanan ini,alumni bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tanpa harus ke kampu,  cukup dengan menggunakan layanan SMS pada Hp,  maka secara otomatis sistem akan menjawab atau merespon permintaan dari client/alumni kapan dan dimana saja berada.

Kata kunci :
SMS,  Teleakses,  Sistem Informasi Alumni,  Vb,  MFBus




 




A.           Latar Belakang Masalah
Seiring dengan berkembangnya teknologi nirkabel (wireless), salah satunya adalah teknologi GSM (Global System for Mobile Communications), yang semakin murah dan dengan kapasitas jangkauan yang semakin luas, menyebabkan pemakaian telepon seluler tidak hanya berada pada salah satu golongan masyarakat tertentu saja (kaum elit), namun pemakai telepon seluler sudah menjangkau semua lapisan. SMS (Short Message Service) adalah salah satu fasilitas yang terdapat pada telepon seluler yang hampir setiap orang mengenalnya. Selain memiliki biaya operasional yang cukup murah, fasilitas ini juga merupakan media komunikasi dan sarana informasi antar individu yang cukup memiliki sifat waktu nyata (rea-ltime), sehingga tidaklah mengherankan apabila SMS masih tetap menjadi pilihan bagi setiap orang sebagai sarana komunikasi, meskipun saat ini teknologi yang lain (seperti EMS ataupun MMS) telah dikembangkan (Bodic, 2002).
Telepon seluler dengan fasilitas SMS yang mampu bertukar informasi berbasis teks secara jarak jauh (remote) dan tanpa kabel (wireless) dapat memberikan solusi yang tepat terhadap masalah teleakses sistem informasi alumni STMIK HANDAYANI MAKASSAR.
Dengan memanfaatkan teleakses sistem informasi alumni melalui sms maka alumni tidak perlu lagi harus pergi ketempat informasi akademik untuk melakukan pendataan ataupun membutuhkan informasi. Para alumni dapat melakukan registrasi secara langsung dengan mengirimkan sms ke terminal dan secara otomatis registrasi yang telah dilakukan akan tersimpan dalam database pada sebuah komputer. Selain itu alumni dapat memberikan informasi kepada alumni lain seperti lowongan pekerjaan dengan mengirim sms ke komputer (sebagai terminal) dan informasi tersebut akan tersimpan secara otomatis pada database dalam bentuk format pesan, sehingga alumni lain yang menginginkan informasi seperti lowongan pekerjaan dapat mengirim sms ke terminal dan secara otomatis komputer akan menjawab pesan tersebut lengkap dengan nomor yang dapat dihubungi dan identitas alumni yang mengirim informasi sebelumnya.

B.          Batasan Masalah
Dalam Tugas Akhir ini penulis membatasi permasalahan pada pembuatan perangkat lunak/program Teleakses Sistem Informasi Alumni melalui SMS, khususnya dalam memberikan dan mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan, serta update terbaru data alumni, dalam hal ini penulis menggunakan kartu GSM Prabayar dan HP NOKIA 5110 sebagai handphon penerima dengan isi pesan text maksimal 153 karakter

C.          Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang seperti diatas, masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
Bagaimana alumni dapat memberikan dan menerima informasi dengan mudah,  baik  sesama alumni maupun dengan pihak Akademik STMIK HANDAYANI

D.          Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.  Tujuan Penelitian
Merancang sistem Teleakses Informasi Alumni STMIK HANDAYANI MAKASSAR berbasis SMS
2.  Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah untuk memudahkan alumni dalam  memberikan dan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan serta memudahkan pihak akademik dalam mendapatkan update terbaru dari alumni

Mau yang Lengkap .....!!! Send sonynapster@gmail.com or sony_napster@yahoo.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar