Kamis, 19 November 2009

ANCAMAN - ANCAMAN KEAMANAN KOMPUTER


ANCAMAN – ANCAMAN KEAMANAN COMPUTER


  1. Interuption
Merupakan ancaman terhadap availability, dimana suatu data dirusak sehinggan tidak dapat digunakan lagi. Tindakan pengerusakan ini bisa berupa fisik atau non fisik.

  1. Intercaption
Merupakan bentuk ancaman security diman pihak yang tidak berhak berhasil mendapat hak akses untuk membaca suatu data / informasi dari suatu system computer. Tindakan yang bisa dilakukan biasanya melalui penyadapan data yang ditransmisikan melalui jalur public.


  1. Modifiocation
Merupakan ancaman Intergrity dimana pihak yang tidak berhak m,endapat hak akses untuk mengubah suatu data / informasi dari system komputer
  1. Fabrication
Tindakan yang biasa dilakukan adl dengan meniru dan memasukan data ke dalam system computer.

Prinsip – Prinsip Desain Sistem Security
  1. Least Priviladge
Prinsip ini menyatakan bahwa setiap poses dan user/pengguna suatu system computer harus beroperasi pada level rendah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasnya.


  1. Ecomony Of Mechanisme
Menyatakan bahwa suatu mekanisme dari suaatu system computer harus sederhana sehingga sehingga dapat diferifikasi dan di implomentasi dengan benar. Mekanisme tersebut harus bagian yang tak terpisahkan dari desain system secara keseluruhan.



  1. Camplate Mediation
Menyatakan bahwa setiap akses ke system computer harus di cek kedalam system informasi control akses untuk otorisasi tepet. Hal ini juga berlaku untuk kondisi khusus seperti saat recoveri / pemeliharaan.


  1. Open Design
Menyat5akan bahwa mekanisme security dari suatu system harus harus dapat di informasikan dengan baik sehinggamemungkinkan adanya umpan balik yang dimanfaatkan untuk perbaikan system security.


  1. Separation Of Priviledge
Menyatakan bahwa untuk mengakses suatu informasi tertentu seorang user harus memenuhi persyaratan tertentu. Hal ini dapat di implementasikan denganmenerapkan system akses bertingkat, dimana user mempunyai hak yang berbeda.


  1. Psycological Acceptability
            Menyatakan bahwa mekanisme pengendalian system security harus mudah digunakan oleh user. 
            Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan survey mengenai prilaku user yang akan menggunakan system

Tidak ada komentar:

Posting Komentar